twitter




ADAKAH DOA TIDAK TERKABULKAN???

Hadits Qudsi “apabila manusia mendekat kepadaku sejengkal, aku akan mendekat kepadanya sehasta. Apabila ia datang kepadaku berjalan perlahan, aku akan datang kepadanya dengan berlari (HR. Bukhari. At-Tirmidzi).

Berbagai macam cara untuk dekat kepada allah swt salah satunya berdoa. Tidak sedikit orang berdoa berharap untuk segera dikabulkan keinginannya oleh allah swt. Saya yakin tidak da doa yang sia-sia da tidak di kabulkan. Allah memiliki sifat kemuliaan tiada banding dan berjanji kepada hambanya yang berdoa”berdoalah kepadaku niscaya aku kabulkan doanya”.
Janji tuhan, tiada sama dengan janji yang dilakukan oleh makhluk yang acapkali terjadi pengingkaran. Adakah tuhan yang kita sembah sebagai penguasa jagat raya memiliki sifat ingkar janji seperti halnya manusia pendusta???
Tidak. Sudah sering saya buktikan. Setiap kejadian, setiap keadaan, setiap peristiwa dan setiap aktivitas yang saya lakukan adalah konsekuensi  dari doa yang saya panjatkan. Dan itu terkabulkan dengan bermodalkan “KEYAKINAN, KETABAHAN, KESABARAN DAN TERUS BERISTIQOMAH”.
Yakinlah, doa anda dan kita semua tidak hari ini, besok, lusa atau mungkin tahun depan di ijabah oleh allah swt dengan bermodal K3B.
Tidak sedikit terdengar kata pesimis “capek berdoa toh tetap seperti ini. Sekarang, minggu depan, bulan depan, tahun depan sama saja”. Dalam kesempatan ini. Ada beberapa cara yang di lakukan untuk memperbaiki adab berdoa kepada allah swt. Sehingga doa sahabat cepat terijabah.
1. Mencontohi doa malaikat kepada allah swt. Sebelum berdoa terlebih dahulu memuji allah dengan menegaskan bahwa rahmat dan ilmunya mencakup segala sesuatu. (tafsir al-mishbah volume 12 hlm. 292) baru mengajukan permohonan.
    2. Mendahulukan istigfar memohon ampun sebelum memohon surga. Sebab tidak ada manusia yang tidak berdosa-tetapi juga untuk mengajarkan bahwa langkah pertama yang harus dilakukan oleh yang berminat surga adalah membersihkan dari dosa dan noda (M. Quraish Shihab)
    3. Doa para malaikat yang telah diciptakan allah bebas dari segala dosa, menunjukkan bahwa semakin suci hati seseorang. Doanya semakin cepat diijabah.

“ya allah pemilik jagat raya dan isinya. Engkau maha mengetahui maha tinggi dengan segala bentuk sifat yang engkau miliki. Saya tidak mengetahui hal ghaib yang akan terjadi kepadaku di esok hari. Hal yang baik menurutku belum tentu baik. Oleh karena itu, berikanlah yang terbaik menurut engkau. Amien.


Harfi Hambani
 

0 komentar:

Posting Komentar