twitter


Utamakan Karya Nyata Bukan Citra

“kasih saya uang 500 juta dolar dan N-250 akan menjadi pesawat terhebat yang  mengalahkan ATR, Bombardier, Dornier, Embraer, dan lain-lain, dan kita tak perlu bergantung dengan negara manapun!”
Thareq Kemal Habibie


Berbagai usaha dilakukan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa indonesia bersiap terbang. habibie nama yang tidak asing tedengar, bahan pembicaraan dan nama yang selalu mashur dalam rekam jejak sejarahnya.
20 tahun berada dijerman tentu bukan waktu yang sebentar untuk menahan rindu berkarya di bumi pertiwi. Tak berselang lama, para pembesar mendukungnya kembali ke indonesia. Prestasi menjadi penasehat presiden republik indonesia, memimpin advanced technology division pertamina. Ini adalah cikal bakal dari lahirnya Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT), lalu Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). Pada akhirnya diangkat menjadi Menteri Riset Dan Teknologi.
Setelah pengukuhan industri ini, berangkat ke luar negeri untuk mengajak indsutri–industri pesawat terbang bekerjasama. Tak disangka, setiap industri yang ditemui menolak, meragukan bahkan menertawakannya.  Habibe benar-benar terlukai hatinya. Namun, tekad habibe sudah bulat. Kemauan sekuat baja takkan mudah ditekuklututkan oleh siapa pum.
Datang lah hari itu, membuktikan kegagahannya dalam bidang teknologi tinggi. Uji coba penerbangan N-250/Gototkoco menjadi satu-satunya pesawat turboprop. Dunia tercengang, indonesia bersorak riang dan haru. Akan tetapi keriangan itu tak bertahan lama. Reformasi terjadi. Kepemimpinan presiden soeharto dengan orde barunya tumbang. Dampaknya adalah IPTN ditutup diikuti oleh industri strategis lainnya. Hanya tiga negara yang dipaksa menutup industri strategisnya, jerman karena kalah perang, jepang karena kalah perang, dan indonesia. Hati siapa yang tidak sakit menyaksikan itu? Habibie menyatakan “kasih saya uang 500 juta dolar dan N-250 akan menjadi pesawat terhebat yang  mengalahkan ATR, Bombardier, Dornier, Embraer, dan lain-lain, dan kita tak perlu bergantung dengan negara manapun!”

Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar