twitter




 BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1.       Jenis Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menurut Kirk dan Miller dalam Sudarto (1995) mendefinisikan penelitian kualitatif adalah tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung pada pengamatan pada manusia dalam kawasannya sendiri dan berhubungan dengan orang-orang tersebut dalam bahasannya dan peristilahannya. Disamping itu, Bungin dan Meleong (2006:6 dalam Irianto, 2011:5) mendefinisikan penelitian kualitatif di gunakan untuk meneliti masalah-masalah yang membutuhkan studi yang mendalam seperti studi perilaku, motivasi, persepsi, dampak, implementasi kebijakan publik, dan lainnya secara holistic dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.
Dalam kasus penelitian ini difokuskan pada analisis faktor sosial dan ekonomi dari terbentuknya klaster perdagangan di kawasan Nipah.

3.2.       Obyek dan Informan Penelitian
3.2.1.           Obyek penelitiannya adalah faktor sosial dan ekonomi masyarakat Nipah sebagai akibat adanya klaster perdagangan.
3.2.2.           Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengambil sampel seorang pedagang ikan bakar dan yang memiliki keterkaitan usaha di kawasan Nipah Lombok Utara.

3.3.       Metode Pengumpulan Data
Pada tahap penelitian ini agar diperoleh data yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan, maka dat diperoleh melalui :
3.3.1.      Wawancara Mendalam (Indepth interview) 
Wawancara sebagai upaya mendekatkan informasi dengan cara bertanya langsung kepada informan. Tanpa wawancara, peneliti akan kehilangan informasi yang hanya dapat diperoleh dengan jalan bertanya langsung. Adapun wawancara yang dilakukan adalah wawancara tidak berstruktur, dimana di dalam metode ini memungkinkan pertanyaan berlangsung luwes, arah pertanyaan lebih terbuka, tetap fokus, sehingga diperoleh informasi yang kaya dan pembicaraan tidak kaku (Singarimbun dkk, 1989).
 Adapun dalam pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara bersama kepala desa Malaka dan masyarakat setempat sebagai pelaku. Hal demikian dilakukan dengan tujuan untuk memeproleh data secara luas dan menyeluruh sesuai dengan kondisi saat ini.
3.3.2.      Observasi Langsung
Observasi langsung adalah cara pengumpulan data dengan cara melakukan pencatatan secara cermat dan sistematik. Observasi harus dilakukan secara teliti dan sistematis untuk mendapatkan hasil yang bisa diandalkan, dan peneliti harus mempunyai latar belakang atau pengetahuan yang lebih luas tentang objek penelitian, mempunyai dasar teori dan sikap objektif. Dengan observasi secara langsung peneliti dapat memahami konteks data dalam berbagai situasi. Maksudnya dapat memperoleh pandangan secara menyeluruh. Untuk itu peneliti dapat melakukan pengamatan secara langsung dalam mendapatkan bukti yang terkait dengan objek penelitian.
3.3.3.      Dokumen
yaitu proses melihat kembali sumber-sumber data dari dokumen yang ada dan dapat digunakan untuk memperluas data-data yang telah ditemukan. Adapun sumber data dokumen diperoleh dari lapangan berupa buku, arsip, majalah bahkan dokumen perusahaan atau dokumen resmi yang berhubungan dengan fokus penelitian.

3.4.       Teknik Analisa Data
Bodgan & Biklen dalam Kriyantono (2009) mengemukakan analisis data kualitatif adalah upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskannya, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain.
Tahap analisis data memegang peran penting dalam riset kualitatif, yaitu sebagai faktor utama penilaian kualitas riset. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dimana analisis data yang digunakan bila data-data yang terkumpul dalam riset adalah data kualitatif berupa kata-kata, kalimat-kalimat, atau narasi-narasi, baik yang diperoleh dari wawancara mendalam maupun observasi dan melalui data kualitatif, data yang diperoleh dari lapangan diambil kesimpulan yang berifat khusus kepada yang bersifat umum kemudian disajikan dalam bentuk narasi. (Kriyantono, 2009: 194).

3.5.       Jenis Dan Sumber Data
3.5.1.      Jenis Data
Data kualitatif yaitu data yang sangat berkaitan dengan fieldwork. Artinya, peneliti secara fisik terlibat langsung dengan orang, latar (setting), tempat, atau institusi untuk mengamati atau mencatat perilaku dalam latar alamiahnya. Penelitian kualitatif bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data sedalam-dalamnya. Penelitian ini tidak mengutamakan besarnya populasi atau sampling, bahkan samplingnya sangat terbatas. Jika data yang terkumpul sudah mendalam dan bisa menjelaskan fenomena yang diteliti, maka tidak perlu mencari sampling lainnya. Penelitian kualitatif lebih menekan pada persoalan kedalaman (kualitas) data bukan banyaknya (kuantitas) data. (Kriyantono, 2009:56).
Berdasarkan asumsi-asumsi di atas, penelitian ini secara praktis berusaha untuk mengkaji dampak sosial dan ekonomi dari terbentuknya klasterisasi. Dalam uraian yang lebih lugas, penelitian ini berusaha untuk memberikan deskripsi dan eksplanasi terhadap peluang dan tantangan di masa yang akan dating berdasarkan analisis SWOT.
3.5.2.      Sumber Data
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer adalah data yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti langsung dari sumber pertama. Adapun data primer dalam peneiltian adalah jawaban-jawaban dari responden terkait dampak yang terjadi dari klaster perdagangan.


3.6.       Prosedur Analisis Data
Tahapan ini disusun secara sistematis agar diperoleh data secara sistematis pula. Ada empat tahap yang bisa dikerjakan dalam suatu penelitian, yaitu:
3.6.1        Tahap Pra Lapangan
Pada tahap pra-lapangan merupakan tahap penjajakan lapangan. Ada lima langkah yang dilakukan oleh peneliti yaitu :
(1)          Menyusun rancangan penelitian
(2)          Memilih lapangan penelitian
(3)          Menjajaki dan menilai lapangan
(4)          Memilih dan memanfaatkan informan
(5)          Menyiapkan perlengkapan penelitian
3.6.2        Tahap Lapangan
Dalam tahap ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu:
(1)          Memahami latar penelitian dan persiapan diri
(2)          Memasuki Lapangan
(3)          Berperan serta sambil mengumpulkan data
3.6.3        Tahap Analisa Data
Analisa data merupakan suatu tahap mengorganisasikan dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori dan satuan uraian dasar agar dapat memudahkan dalam menentukan tema dan dapat merumuskan hipotesa kerja yang sesuai dengan data (Lexy J. Moleong, 2006).  Pada tahap ini data yang diperoleh dari berbagai sumber, dikumpulkan, diklasifikasikan dan analisa.
3.6.4        Tahapan Penulisan Laporan
Penulisan laporan merupakan hasil akhir dari suatu penelitian, sehingga dalam tahap akhir ini peneliti mempunyai pengaruh terhadap hasil penulisan laporan. Penulisan laporan yang sesuai dengan prosedur penulisan yang baik karena menghasilkan kualitas yang baik pula terhadap hasil penelitian.

1 komentar:

  1. lengkap sekali metodologinya

    berita cpns

Posting Komentar