twitter


Puasa Di Bulan Ramadhan

Mengingat kembali peristiwa yang terjadi pada bulan ramadhan di era perjuangan menuju kejayaan islam. Bulan ramdhan datang pada saat yang tepat. saat umat Islam membutuhkan kekuatan iman dan ruhiyah untuk menghadapi kondisi-kondisi sulit dan berat dalam kehidupan mereka. Dengan itu, Allah SWT memberikan bantuan dan sekaligus hiburan kepada umat Islam dalam menghadapi kondisi berat, sehingga dapat  keluar dari permasalahan tersebut. Ingatkah peristiwa Fathul Makkah (Pembebasan Makkah), Nabi Muhammad dan para sahabat berhasil menguasai Makkah dan menghancurkan berhala-berhala di sekitarnya. Sehingga Ka’bah kembali suci. Peristiwa ini bermula dari perjanjian Hudaibiyah tahun 628 M. Ini adalah perjanjian antara kaum muslimin dan kaum Quraisy. Tidak hanya itu, masih banyak peristiwa lainnya yaitu:
1.     Diturunnya al-qur’an
Imam Ahmad bin Hanbal dalam Musnadnya meriwayatkan: “Lembaran-lembaran (shuhuf) Nabi Ibrahim diturunkan pada permulaan malam Ramadan dan kitab Taurat diturunkan pada tanggal 6 Ramadan, dan kitab Injil diturunkan pada tanggal 13 Ramadan, sedang Alquran diturunkan pada tanggal 24 Ramadhan.” (HR. Ahmad dalam Musnad, dan dinyatakan hasan oleh Syaikh Al-Albani dalam As-Silsilah Ash-Shahihah, no. 1575)
2.     Peristiwa Perang Badar
Perang Badar adalah perang besar pertama yang terjadi antara orang-orang yang beriman dengan orang-orang kafir, yang ingkar kepada Allah. Pada saat itu pasukan Islam berjulah 314 orang yang akan melawan pasukan Mekah berjumlah 1300 orang. Rasulullah sempat merasa khawatir akan hal ini. Sehingga pada malam 17 Ramadhan 2 H, Rasulullah menyibukkan diri dengan doa untuk pertempuran esok hari. Beliau mendoakan dan menyebutkan satu per satu nama-nama tokoh Quraisy, Abu Jahl dll agar dibinaskan di pertempuran esok hari. Benar saja, tidak satu pun nama yang beliau sebutkan melainkan tewas di Badar. Akhir cerita, pasukan islam menang dalam peperangan tersebut di tandai dengan Rasulullah bersabda, “Bergembiralah wahai Abu Bakar, pertolongan Allah sudah datang. Ini Jibril sedang memegang tengkuk kuda guna memacunya, yang pada gigi serinya terdapat debu.”
3.     Perang Ain Jalut
adalah perang besar yang terjadi antara orang-orang muslim Mamluk (Turki) dengan bangsa Shamanis Mongol. Perang ini sekaligus menjadi kekalahan pertama pasukan Mongol setelah sebelumnya mereka menaklukkan negeri-negeri besar seperti Cina dan Abbasiyah dan kerajaan-kerajaan kecil yang tidak terhitung jumlahnya. Saat itu, jumlah pasukan kedua kelompok berimbang yakni masing-masing membawa 20.000 pasukan. Pertempuran berjalan sengit, pasukan Qutuz sempat terdesak dengan tekanan yang dilakukan pasukan Mongol yang memang dikenal tangguh dan ahli dalam peperangan. Namun pasukan tersebut tetap semangat hingga akhirnya Mongol ditaklukkan.
4.     Perang Yakhliz
Terjadi pada 15 Ramadan 1294 H, tentara Islam dari Dinasti Ottoman yang dipimpin oleh Ahmad Mukhtar Basya dengan jumlah 34.000 anggota mengalahkan tentara Rusia yang berjumlah 740.000. Sebanyak 10.000 tentara Rusia tewas dalam pertempuran itu. Ia menjadi kebanggaan umat Islam mempertahankan agama yang diancam oleh pemerintah Tzar di Rusia.
Bersambung...

Sumber Referensi
www.eramuslim.com



0 komentar:

Posting Komentar